Eco Racing Diesel Menaikan 2-5 Cetane

http://www.ecoracing.biz.id/2018/05/eco-racing-diesel-menaikan-2-5-cetane.html






ECO RACING DIESEL

ECO RACING UNTUK SOLAR
Bahan bakar Solar pada mesin diesel banyak digunakan industri dan transportasi Indonesia. Berikut adalah  mesin-mesin yang menggunakan bahan bakar solar di Indonesia antaralain :

· Mesin-mesin industri, yang mensyaratkan CN/Cetane Number 45 s/d 49),
· Mobil dan kendaraan-kendaraan besar, mensyaratkan CN 45 untuk kendaraan lama, CN 50 untuk kendaraan baru,
· Mesin perahu dan kapal laut, mensyaratkan CN 45 s/d 49
· Mesin-mesin kecil pendukung industri kecil, mensyaratkan CN 45 s/d 49.
· Kendaraan-kendaraan bus dan truk yang berumur lebih lama, persyaratan CN yang diminta adalah 42 s/d 44.

Bahan Bakar dari Mesin Diesel adalah Solar, standar solar-solar yang diperjualbelikan di Indonesia memiliki Indeks Cetane yang bervariasi antaralain sebagai berikut :

· Solar (biasa/bersubsidi) CN (Cetane Number) = 46 s/d 48
· Biosolar (bersubsidi) CN (Cetane Number) = 48 s/d 50
· Solar (Perusahaan asing) CN (Cetane Number) = 48 s/d 50
· Solar Pertadex CN (Cetane Number) = 53

http://www.ecoracing.biz.id/2018/05/eco-racing-diesel-menaikan-2-5-cetane.html
Melihat bahwa Indeks Cetane untuk semua jenis solar tidak kurang dari 46. Artinya semua mesin-mesin, kecuali untuk jenis mobil-mobil baru dan kendaraan besar baru, seharusnya masih bisa menggunakan solar-solar tersebut di atas. Apalagi untuk bus dan truk yang sudah tua umurnya, ternyata lebih cocok diisi dengan solar biasa / bersubsidi saja. Indeks Cetane untuk jenis solar lain yang lebih tinggi kurang cocok dipakai untuk yang sudah tua umurnya

Adalah informasi yang salah yang menyatakan bahwa semakin tinggi Indeks Cetane, semakin bagus solar tersebut untuk semua jenis mesin. Informasi yang benar adalah : tiap jenis mesin akan mensyaratkan Indeks Cetane tertentu.

Pertanyaan baru muncul, kalau memang solar yang digunakan Indeks Cetan-nya sudah memenuhi persyaratan mesin, mengapa pada kenyataannya penggunaan solar-solar bersubsidi sering kali membuat mesin-mesin lebih cepat rusak dibandingkan dengan penggunaan jenis solar bagus seperti Pertadex?

Jawabannya adalah karena solar-solar tersebut memiliki Kinetik Value yang rendah dan Karakteristik Pendukung yang buruk. Peningkatan pada Kinetik Value dan Karakteristik Pendukung dengan kadar yang tepat akan mengubah kualitas solar-solar tersebut menjadi solar dengan mutu tinggi. Solar dengan mutu tinggi akan menghasilkan performa mesin yang sempurna sehingga tidak saja umur layan mesin bertambah tapi juga menghasilkan emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan.

Fungsi Eco RAcing Diesel

ECO RACING DIESEL didesain untuk meningkatkan Kinetik Value dan Karakteristik Pendukung termasuk untuk meningkatkan Cetane Number. Inilah sebenarnya sasaran utama pengguna ECO RACING DIESEL. Peningkatan kualitas yang cukup tinggi akan menghasilkan kinerja mesin yang optimal dengan mesin yang lebih terawat. Mesin akan lebih hemat bahan bakar dengan depresiasi mesin yang lebih kecil sehingga turut membantu penghematan yang cukup signifikan baik untuk mesin industri maupun mesin kendaraan.

Bagi para pengguna solar-solar jenis lain pun, ECO RACING DIESEL masih tetap meningkatkan Kinetik Value dan Karakteristik Pendukung walaupun dengan peningkatan yang lebih kecil. Penggunaan ECO RACING DIESEL yang terus menerus akan menghasilkan mesin / kendaraan yang :

· Menghasilkan emisi gas buang yang sangat sedikit mengeluarkan asap hitam
· Menghasilkan emisi gas buang yang ramah bagi manusia dan lingkungan
· Bersuara dan bergetar jauh lebih halus
· Lebih hemat bahan bakar
· Mesin yang bersih dari kerak dan lumpur mesin
· Memiliki umur layan yang lebih lama.

Cara Penggunaan ECO RACING DIESEL

Eco Racing Diesel dicampurkan pada saat pengisian solar pada tangki kendaraan atau tangki mesin disesuaikan dengan dosis yang telah ditetapkan untuk tiap liternya.

Dosis Eco Racing Diesel adalah 1 pil Eco Racing Diesel ditambahkan pada tiap liter solar yang diisikan pada tangki mesin/kendaraan.

Untuk mempermudah cara penggunaan simak rumus dalam gambar berikut :


http://www.ecoracing.biz.id/2018/05/eco-racing-diesel-menaikan-2-5-cetane.html


· 1 PIl Eco RAcing menaikan 2-5 CN 

Eco RAcing Terlarut Setelah 60 menit