Eco Racing dan Ragam Bahan Bakar Racing For Competition Only

http://www.ecoracing.biz.id/2018/04/eco-racing-dan-ragam-bahan-bakar-racing.html


Eco Racing dan Ragam Bahan Bakar Racing For Competition Only 


Para penggemar Motor road race dengan kompresi tinggi, pacuan anda butuh nenggak bahan bakar dengan oktan tinggi. Bahan bakar dengan kategori racing fuel dengan penggunaan khusus untuk kompetisi atau for competition only.

Ada beberapa produsen yang menyediakan bahan bakar khusus ini. Yakni Pertamina dan Elf. Keduanya menjual dengan eceran, meskipun tidak disemua daerah dapat ditemukan. Bagaimana spesifikasinya racing fuel tersebut dan bagaimana eco racing bekerja.

PERTAMAX RACING
Pertamax Racing dengan RON minimal 100 tidak disemua SPBU tersedia. Keunggulan Pertamax Racing Fuel adalah Bahan bakar balap ini mampu menghasilkan daya dan torsi tinggi tanpa menimbulkan detonasi bersifat ramah lingkungan. Didesain untuk kompresi mesin di atas 10:1. Pertamax Racing ini dibanderol dengan harga Rp 35.000 per liter.

AVGAS
Avgas merupakan bahan bakar yang biasanya digunakan untuk pesawat terbang, Avgas biasa dikenal dengan sebutan bensol. Kadar oktan bensol biru 102 dan bensol hijau 104 ini juga digunakan untuk motor yang sudah spek up alias motor balap.

Namun, pemakaian bensol tidak akan berpengaruh terhadap motor yang kompresinya masih dibawah 11 : 1. Bila kompresi engine tidak tinggi, malah tenaga bisa drop. Tapi bila digunakan di engine yang memiliki kompresi tinggi, bensol menjadi doping yang paling ampuh bagi motor spek balapan. Makanya Speed Shop yang sering turun didunia balap, juga punya stok bensol. Satu  liter bensol biru dijual dengan harga Rp 35 ribu.

Kelemahan AVGAS atau bensol adalah kadar timbal yang terdapat di bensol sangat tinggi jadi jangan digunakan terlalu sering, akibatnya bisa timbul kerak di dalam ruang silinder. Bayangkan saja, pesawat yang sudah jelas menggunakan bensol saja musti tempuh perawatan pembersihan engine dari kerak menggunakan bahan aditif.

ELF RACING FUEL

ELF memiliki 5 kategori racing fuel. Pertama LMS dengan oktan 101,2, WRF dengan angka oktan 101,6, Turbo Evo berangka 102, AVSP oktannya 107 dan paling tinggi Turbo Boost 115. Produk Elf  yang biasa digunakan untuk balap road road race adalah WRF dan LMS dan AVSP. Kelemahan ELF Racing Fuel, kalau setingan kompresi tidak pas dengan oktan sangat tinggi tersebut maka mesin motor road race bisa rontok. Untuk membeli ELF Racing Fuel memang tidak mudah. Sebab, bahan bakar ini diperuntukan khusus. Harganya Rp 85 ribu per liter. 

Pilihan Bahan Bakar dan Seting  Mesin 
Bahan bakar yang dipakai buat motor spek balap atau korek harian banyak macamnya. Adanya yang pakai Pertamax Plus, bensol hijau atau biru bahkan gunakan racing fuel yang kini banyak dijajakan prosuden dalam negeri maupun importer umum. Misalkan saja Pertamax Plus yang punya angka oktan 95. Di atas itu ada bensol biru dan hijau dengan nilai oktan 102 dan 104. Karena perbedaan angka oktan, otomatis mesti disesuaikan dengan cara menyeting ulang perbandingan kompresi dan timing pengapian agar hasil pembakaran sempurna.

Sebagai patokan, bensin dengan angka oktan lebih rendah idealnya seting kompresi lebih rendah juga. Misal Pertamax Plus 95, idealnya seting perbandingan kompresi ruang bakar kurang lebih 11,1 : 1. Lalu Bensol oktan 102, bisa pakai perbandingan kompresi sekitar 13,1:1. Kalau yang angka oktannya sampai 107, kompresi bisa didongkrak hingga 14,1:1. Tapi, hal itu jarang dilakukan demi mengejar daya tahan mesin.

Eco Racing Solusi Komplet Fuel Balap 

Bahan bakar yang umum di daerah adalah :
  1. Premium memiliki nilai oktan 88.
  2. Pertalite memiliki RON 90.
  3. Pertamax sebesar 92. 
  4. Pertamax Plus sebesar 95. 
Nilai oktan/RON tersebut menunjukan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan.
dengan mencampurkan eco racing ke dalam bahan bakar diatas anda sudah bisa mendapatkan bahan bakar yang cocok dengan kompresi mesin anda. Tidak perlu lagi impor atau belanja BBM dengan biaya mahal.

Simak ketentuan penggunaan eco racing sebagai berikut :

 Cek dulu kompresi mesin anda

http://www.ecoracing.biz.id/2018/04/eco-racing-dan-ragam-bahan-bakar-racing.html
NIlai Kompresi menentukan kebutuhan RON
Penggunaan BBM yang tidak sesuai antara COmpression Ratio (CR) dengan RON atau CN pada bahan bakar akan mengakibatkan Knocking. Akibatnya Boros BBM, Tenaga Lemah, Mesin Berkerak, OLi Cepat Kotor dan Emisi. Knocking adalah terbakarnya campuran udara dan besin karena tekanan tinggi, bukan karena percikan api dan busi.
http://www.ecoracing.biz.id/2018/04/eco-racing-dan-ragam-bahan-bakar-racing.html


http://www.ecoracing.biz.id/2018/04/eco-racing-dan-ragam-bahan-bakar-racing.html
Dengan rumus diatas maka 2 Liter Pertalite ditambahkan 1 Tablet Eco Racing, Nilai RON 90 + 10 RON didapatkan angka RON 100 cocok untuk kompresi mesin 11,6 : 1  s/d 12,2 : 1.

Atau anda yang ingin mendapatkan nilai RON 95 Shell V Power, bisa dengan 1 tablet Ecoracing  ditambahkan 4 liter pertalite saja (RON 90 + RON 5).

Tapi Keunggulan Eco RAcing adalah dengan campuran tersebut tidak akan membuat mesin kendaraan anda adalah :


  1.  Buangan gas bebas Emisi.
  2. Tidak menimbulkan kerak di dalam ruang silinder. 
  3. Bebas Knocking dan mesin anda terawat.